Cara Mengatasi Komedo Dengan Bahan Alami dan Teknik Ekstraksi

 Banyaknya komedo yang muncul di wajah dan hidung seringkali membuat banyak orang khususnya remaja menjadi tak percaya diri, terlebih bila ada yang melihat. Mengapa komedo bisa muncul? Penyebabnya banyak sekali. Namun umumnya, komedo muncul karena kamu kurang memperhatikan kebersihan wajah.  Meski begitu, cara mengatasi komedo pun beragam. Kamu bisa memakai produk produk kecantikan yang banyak tersedia di supermarket, menggunakan bahan alami, atau konsultasi langsung dengan ahlinya (dermatologis).

Scrub dan porepack, cara mengatasi komedo pada wajah


Apa itu komedo? Komedo merupakan jenis jerawat yang muncul akibat kulit kotor. Komedo ada dua jenis, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Komedo putih adalah komedo yang tergolong susah dihilangkan dengan cara cara biasa. Mengapa? Karena komedo jenis ini letaknya dibawah lapisan kulit tertutup dan merupakan cikal jerawat yang bila tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan peradangan bahkan infeksi. Sedangkan komedo hitam adalah bintik hitam yang muncul pada pori pori wajah yang tidak terlapisi epitel kulit. Komedo hitam disebut juga komedo terbuka dan merupakan jenis komedo yang sering muncul pada wajah remaja, khususnya area hidung.


cara mengatasi komedo di hidung


Bagaimana cara mengatasi komedo di hidung? Komedo di hidung bisa dihilangkan dengan pemakaian porepack. Bentuk porepack yang menyerupai lekukan hidung cukup efektif untuk mengangkat komedo komedo terbuka (blackheads). Caranya, bersihkan terlebih dahulu hidung  dan wajah dengan scrub khusus, lalu basahkan permukaan hidung dengan air, kemudian tempelkan porepack. Setelah beberapa menit, lepaskan porepack secara perlahan dan kamu akan melihat butiran butiran komedo yang berhasil diangkat dari hidung. Lakukan dengan rutin untuk mencegah komedo balik lagi. Jangan lupa juga untuk memilih scrub yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

cara mengatasi komedo putih

Lalu bagaimana cara mengatasi komedo putih? Jangan keburu khawatir. Dengan perawatan yang tepat dan menjaga makanan, komedo putih bisa tak balik lagi lho. Bagi kamu yang punya banyak komedo putih di wajah, disarankan untuk konsultasi dengan ahli kecantikan atau dermatologis. Karena, kadang cara cara biasa dengan menggunakan bahan bahan alami tak cukup ampuh untuk mengangkat komedo jenis ini. Komedo putih bisa diangkat dengan teknik sedikit melukai bagian ‘mata’ komedonya, baru kemudian dikeluarkan. Selain itu, menjaga makanan yang dikonsumsi juga penting untuk mencegah komedo balik lagi. Hindarilah makanan berminyak dan perbanyak minum air putih.

Berbeda dengan komedo putih, cara mengatasi komedo hitam tidak terlalu sulit. Selain dengan porepack, komedo hitam bisa diatasi dengan bahan bahan alami seperti air hangat, garam atau kulit jeruk. Ambillah air putih untuk membersihkan hidung, kemudian oleskan air panas dan garam agar pori pori yang tersumbat oleh komedo terbuka. Setelah beberapa saat, bersihkan dengan kapas basah. Atau, kamu  bisa gunakan kulit jeruk yang telah dibasahi sedikit air. Caranya, sebelum tidur, tempelkan kulit jeruk ke area wajah yang berkomedo dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, komedo akan terangkat dengan sendirinya.
Teknik ekstraksi dan ekfoliasi, cara mengatasi komedo yang sulit diangkat

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, komedo tertutup atau yang terletak di bawah epitel kulit memang sulit dihilangkan. Jangan gunakan porepack atau bahan bahan lainnya untuk menghilangkan komedo jenis ini ya, karena tak akan berhasil. Lalu bagaimana donk cara mengatasi komedo tertutup ini? Nah, kamu bisa lakukan ekfoliasi, yakni pengelupasan sel sel kulit mati secara rutin. Lakukan hal ini setelah berkonsultasi dahulu dengan ahlinya. Ohya, sebelum ekfoliasi dilakukan, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu lalu melakukan teknik ekstraksi yakni mengeluarkan isi komedo tersebut. Untuk membantu agar pori pori mudah terbuka, bisa dilakukan penguapan pada wajah.
Cara Mengatasi Komedo Dengan Bahan Alami dan Teknik Ekstraksi


cara mengatasi komedo tertutup


Ternyata ada banyak cara bukan untuk mengatasi komedo? Yang penting, hindarilah memegang dan memencet komedo di wajah dengan tangan dan peralatan yang tak steril. Pilihlah cara mengatasi komedo yang paling tepat untuk jenis komedo kamu. Dan untuk mencegahnya balik lagi, rajinlah membersihkan wajah setelah beraktivitas dengan pembersih yang cocok dengan tipe kulit. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah ya!

4 Responses to "Cara Mengatasi Komedo Dengan Bahan Alami dan Teknik Ekstraksi"

  1. terimakasih banyak nih gan untuk informasinya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat bagus dan bermanfaat. terimakasih banyak untuk cara mengatasi komedo dengan bahan ekstraksi

    ReplyDelete
  3. Article and information very good. Nice, interesting and useful
    thank you for sharing.. I liked it, because it is very nice

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *